Tempat Ngeblogna Orang Balida

Curug Muara Jaya

curug muara jaya

Curug Muara Jaya adalah salah satu obyek wisata unggulan di Kabupaten Majalengka.Curug yang dikelola sejak tahun 1999 ini berada di desa Argamuktii kecamatan Argapura.Disini para pengunjung selain dapat menghirup sejuknya udara pegunungan juga akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah nan masih perawan.

21539a876b6dea5436ef846b153c4438_curug-muara-jaya-2

Untuk mencapai curug ini walaupun jaraknya tidak terlalu jauh namun diperlukan persipan kendaraan dan fisik yang prima ,pasalnya jalan yang harus ditempuh sejauh lebih kurang 20 Km dari pusat kota itu terdapat tanjakan-tanjakan dan tikungan tajam hingga perlu berhati-hati.

Sebelum sampai di Curug Muara Jaya, dari Majalengka kita terlebih dahulu harus melewati kecamatan Maja. Di sekitar terminal Maja kita akan menemukan jalan belok ke kiri, disitu kita akan menemukan juga petunjuk arah menunju Curug muara Jaya. Di sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah dengan hamparan tanaman sayur mayur, belum sampai di Curug di tengah perjalanan kita dapat melihat pemandangan kota Majalengka dan sekitarnya dengan jelas.

Bagi yang membawa kendaraan roda empat memang diperlukan kehati-hatian karena selain jalannya sempit juga masih ada jalan-jalan berlubang yang masih belum diperbaiki. Namun secara keseluruhan kondisi jalan menuju Curug ini cukup baik dan telah berlapis aspal.

Seperti namanya, curug merupakan air terjun yang tumpahan airnya mengalir deras membelah di puncak bukit. Tumpahan air itu menyajikan panorama indah pada birunya langit, sejuknya udara, dan hijaunya pepohonan yang menyelimuti suasana wisata yang berada di Kecamatan Argapura.

Selain itu terdapat pula lapangan sebagai areal untuk camping bagi para pengunjung, tempat ini dapat dijadikan alternative bagi para pengunjung yang memiliki hobi perpetualang. Selain menjanjikan ketenangan dan ketentraman, juga kedamaian menjadi perpaduan yang kompak untuk menunjang daya tarik tersendiri, tetapi pada saat ini area camping belum begitu berkembang.

Luas Curug Muara Jaya diperkirakan seluas + 2 Ha. Jarak dari tempat parkir menuju curug tersebut sekira +300 m berupa jalan setapak yang telah menggunakan paping blok. Objek Wisata Curug Muara Jaya menawarkan keindahan alam dengan panorama air terjun setinggi 73 m yang terdiri dari tiga umpak. Udara yang sejuk dengan hamparan sayur mayur dan pohon kesemek menjadi daya tarik bagi peminat wisata alam.

ccee8cb731b004e96bb3764be7c9021f_muara-jaya

Kawasan ini juga merupakan jalur alternatif pendakian ke puncak Gunung Ciremai, di samping itu lokasi ini pada setiap tahunnya digelar upacara pareresan yang dilakukan setelah panen raya. Objek wisata ini banyak diminati oleh pengunjung, dengan rata-rata jumlah pengunjung pada hari libur sebanyak + 200 pengunjung, dan pada hari biasa + 20 pengunjung

Pengunjung yang ingin menikmati Curug hanya dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp. 4.000/orang. Jumlah pengunjung pada tahun 2007 berjumlah 15.782 pengunjung dan pada tahun 2005 berjumlah 32.300 pengunjung, dari tahun 2005-2007 mengalami penurunan tingkat kunjungan.
Fasilitas yang terdapat di Curug Muara Jaya diantaranya aeral tempat parker yang cukup luas, arena bermain anak-anak, bale pertemuan, toilet, warung, shelter, mushola, dan camping ground. Jalan menuju objek wisata, dari pasar Maja sudah cukup baik dengan konstruksi aspal, tetapi disebagian wilayah terdapat jalan yang masih rusak dan tidak adanya sarana berupa angkutan umum yang menuju ke curug tersebut, melainkan hanya mobil bak terbuka dan ojek.
Artikel Terkait
Bagikan Artikel ini :
+
Previous
Next Post »

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkomentar
 
Back To Top